Mengenal Feline Urologic Syndrome (FUS)

Feline Urological Syndrome (FUS) atau dikenal sebagai Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD) yaitu penyakit infeksi saluran kencing yang banyak menyerang pejantan


4 tahun lalu saat Cucuth umur 5 tahun, itu pertama kalinya dia terserang penyakit FUS atau FLUTD atau lebih gampangnya penyakit saluran kencing. Itu terjadi saat aku mau ngantor, tiba-tiba cucuth pingsan. Serius! Kucingku pingsan, badannya dingin... huaaaaaaaaa

  
  cucuth pertama kali kena FUS*aku sempet moto dooonkkk :p


Cucuth langsung aku  bawa keklinik hewan pandawa. Ternyata, kata vet (dokter hewan), cucuth kena penyakit FUS.. Pipisnya susah bahkan  harus dikateter...dia diinfus biar tidak lemes... Setelah 3 hari, cucuth mulai membaik dirawat inap dan langsung aku bawa pulang (saat itupun aku ga konsen ngantor nangis terus... jadi bolak-balik ke klinik terus..dan malem hari baru mau pulang* untung kenal ama vetnya haha)

Dan ternyata penyakit FUS  tidak berhenti sampai disana, terus berulang seriap tahunnya. Sampai puncaknya tahun lalu, saat cucuth umur 8 tahun...bulan juli  2012.. cucuth sakit FUS parah.. dan itu berjalan 2 minggu lamanya dia bisa sembuh. Mana pakai perjuangan susah nyari vet didaerah, yang bisa ngobati dan ga bedain kucing ras dan kampung... (silahkan baca disini cerita2nya)

Waktu itu aku dah mikir cucuth akan pergi ninggalin aku... :"( Tapi Tuhan berkata tidak.. aku diberi kesempatan untuk bersama cucuth lagi :") kami tetep soulmate :") alhamdulillah

Akhirnya, aku niat agar cucuth jangan sampai sakit lagi. Cari-cari informasi dimana-mana, sambil nanya detail penyebabnya...

FUS itu adalah sindrom yang terjadi pada kucing ini ditandai dengan pembentukan kristal (paling sering struvite) di dalam VU. Kristal tersebut kemudian akan menyebabkan inflamasi, perdarahan pada urin, kesulitan buang air kecil, serta beberapa kasus dapat menyebabkan obstruksi aliran normal urin keluar dari VU yang dapat menyebabkan kematian (Pinney, 2009)
 
Penyebab fus itu macem2, kalau aku kumpulin mungkin ini beberapa faktor utamanya : 

1. Pakan termasuk kandungan mineral air. Biasanya menyerang kucing umur 1-6 tahun.
Dulu cucuth dari kecil suka aku kasi makanan yang biasanya dijual bebas ditoko/supermarket..dan taukah kamu? ternyata itu gak bagus... :"( hikz...
Jangan makanan murah deh...mending kalau mau aman ke makanan ikan atau bisa kayak konsep rawfood..

2. Kastrasi dilakukan sebelum masa puber, 
Yah ini bisa aja karena cucuth termasuk yang aku steril saat umur 5-6 bulan... :"( jadi ga sempat  menggagahi betina-betina sekalian eaaaa.. tapi tenang dia tetep suka kawin kok..walau g bisa menghasilkan :v

3. Kelebihan berat badan kucing kurang beraktifitas jadi kolesterol juga
yuppp cucuth beratnya 8.5 kilo.. akhirnya aku dietin sampe jadi 7 kilo maksimal ga boleh lebih lagi. kesian 

4. Ras terutama ras Persia dan lebih sering jenis kelamin jantan.
Mmmm cucuth termasuk kucing kampung sih ras sundanense bogorisme :v hahaha

Kucing jantan dan betina sama-sama beresiko menderita FLUTD, namun kucing jantan beresiko lebih besar terhadap obstruksi yang mematikan karena uretra jantan lebih kecil dibandingkan betina dan memiliki bagian yang mengecil (gambar 1) sehingga penyumbatan lebih gampang terjadi (Pinney 2009).

5. Stress dan umur yang sudah tua 
ini cucuth masuk umur embah-embah sih ya karena umurnya tua... dan cucuth sering aku bawa travelling..pindah sana-sini jadi stress


Beberapa kausa dari terbentuknya kristal mineral yang dapat mengiritasi mukosa VU dan menyebabkan blokade urehra adalah : a. Faktor asupan makanan (diet). Pakan yang kaya magnesium menyebabkan pH urine menjadi basa (alkalis). Kenaikan pH mempermudah pembentukan kristal mineral. b. Penurunan frekuensi urinasi. Hal ini dapat disebabkan oleh menurunnya supan air, pakan yang kering, air yang terlalu hangat, terlalu dingin, menurunnya aktivitas fisik, hal ini dapat disebabkan karena kucing mengalami obesitas bahkan kandang yang kotor dapat menyebabkan kucing segan untuk urinasi (Duval 2002; Oaks Vet 2002)



Sampai sekarang cucuth dah move on dari penyakit FUS.. alhamdulillah

Ini aku bagi tips2 move on dari penyakit FUS yang udah aku jalanin... :

1. GANTI MAKANAN KUCINGNYA DENGAN YANG BAGUS
Kenapa harus aku pake huruf gede? karena ini salah satu yang penting..pasokan makanan yooo dari dalam tubuh, energi dan metabolisme dia dari makanan yang masuk.. jangan pernah boleh ngorek2 sampah (hueekk) 
Kalau bisa konsep RAW FOOD itu lebih baik... cuma sayang konsep rawfood aku ga pilih buat jadi makanan sehari-hari kucing-kucingku karena aku rada jijik pegang daging

Cucuth aku kasih campuran : urinary + hair skin + RC30 dicampur 

Saya lebih rela beli lebih mahal dan memberikan yang terbaik daripada harus lihat cucuth kesakitan :"( iya nggak... dah sedih..nangis dll :"(  no way dah...

Aku ga mau komen kalo ada yang bilang RC mahal dll sedangkan kucingnya banyak...mmmm no komen yaaa... tujuan awal kita memelihara kucing kan beda-beda :). Jadi, kalau masalahnya uang.. bener-bener no komen :)

2. Sedia vitamin dan jangan lupa divaksin
Aku selalu sedia cystaid (vitamin dari vitapet khusus untuk kucing 1 pak isi 30 sekitar 200rb), stimuno, curcuma plus dan batugin khusus kucingku
dan rajin ngasih obat cacing drontal atau petderm setiap 3 bulan sekali (akunya juga minum loohh)
vaksin juga rutin tiap setahun sekali hingga umur 9 tahun ini...


3. Liat pee-nya (pipisnya) 
Warna nya bening, keruh, merah? gimana saat dia pipis? kesakitan, netes sedikit demi sedikit atau lancar?nah kalau udah mulai keruh dan pipisnya  susah..langsung kasi vitamin dan obat

4. Paksa banyak minum
Ini mungkin rada serem...aku suka minumin cucuth pake spoit yang gede disemprotkan kemulutnya mau ga mau..karena dia maunya makan tapi malas minum...walau dengan rc urinary jatuhnya haus terus,  tapi tetep aja kudu dibantu pemiliknya biar banyak minum...

FYI, kebanyakan banyak yang ga bertahan karena penyakit ini... ;"( karena telat penanganan...makanya mati... :( makanya jangan sampai itu terjadi..*amit2

Waspadalah bila kucingmu susah pipis (cuma netes atau merah atau ga keluar pipis sama sekali), males makan minum, muntah, pipisnya kepaksa gitu (mengejan) dan ga mau beraktifitas seperti biasanya... maka cepatlah ke dokter hewan...

Yuk move on dari sakit FUS...kita beri asupan makanan yang baik buat kucing-kucing kita. Percayalah,  kucing yang sehat akan mendukung lingkungan dan orang yang sehat juga :)

 

cucuth 9 tahun dan cacang 6 bulan



ini ada video pas cucuth sakit