Puppy mill

Apakah Puppy Mill itu?
oleh Let's Adopt! (Indonesia) pada 28 Februari 2011 jam 15:10
Apakah Puppy Mill itu?

Puppy Mill atau perternakan anak anjing adalah tempat pembiakan anjing besar-besaran untuk menghasilkan anak anjing dalam jumlah banyak demi mendapatkan laba. Disamakan seperti deretan ayam betina, indukan anjing dimasukkan ke dalam kandang seumur hidup mereka dengan satu tujuan, yaitu menghasilkan anak anjing untuk toko binatang, internet dan pasar di luar negeri.


Pet shop atau toko yang menjual hewan peliharaan membutuhkan pasokan anak anjing muda terus menerus. Satu pet shop bisa menerima lebih dari 20 ekor per minggunya. Dikalikan dengan jumlah petshop yang tersebar di Indonesia dan Anda akan mendapatkan jaringan distribusi yang sempurna untuk sebuah industri yang menghasilkan ribuan anak anjing tanpa mengindahkan kualitas, kesehatan atau temperamen mereka.

Dalam puppy mill, anjing berada di dalam kandang seumur hidup mereka—tak ada sosialisasi, perawatan bulu , tidak dimandikan, tidak berhubungan dengan manusia, tidak berolahraga dan jelas tak mendapatkan kasih sayang. Di Australia, puppy mill memiliki sekitar 20 hingga 1.000 anjing betina yang terus menerus hamil dan menyusui untuk memenuhi permintaan. Di Indonesia, puppy mill ada di tempat-tempat tersembunyi dan tidak terlihat oleh umum dan keadaannya pun menyedihkan.

Mohon diperhatikan untuk setiap anak anjing yang lucu dan gemuk yang terlihat di pet shop, induk mereka kemungkinan besar adalah anjing yang menderita di puppy mill tersebut.
Bahkan bila anak anjing terlihat lucu, bersih dan sehat, tak ada jaminan induk mereka tak menderita sebagai anjing yang dibiakkan terus menerus di kandang seumur hidup mereka.

female golden retriever yang "dipakai" untuk melahirkan anak2 golden yang lucu-lucu... kulitnya gatal2, bulunya rontok, mukanya berdarah karena gatal dan terus digaruk, perut besar karena mengidap penyakit... Lokasi: Graha Raya, Bintaro credit: JAAN

Bagaimana Anda Bisa Menghentikan Puppy Mill?

1. Sebarkan informasi
Sebarkan info mengenai puppy mill dan jangan membeli anak anjing. Cara termudah untuk menghasilkan perubahan adalah dengan mempertimbangkan prinsip sederhana ini: tidak ada permintaan, maka tidak ada pasokan (no demand, no supply). Bila Anda dan semua orang yang Anda kenal tak lagi membeli hewan peliharaan, maka breeder ini akan kehilangan tempat untuk meraih laba.

2. Jangan pernah berbelanja di pet shop yang menjual anak anjing atau anak kucing.
Boikot toko-toko yang menjual hewan peliharaan dan beri tahu mereka alasannya.

3. Dukung toko yang bebas dari hewan peliharaan
Beli makanan, pasokan dan mainan di toko-toko yang tak menjual hewan peliharaan dan beri tahu mereka kenapa mereka memiliki Anda sebagai pelanggan mereka.

4. Adopsi hewan peliharaan Anda berikutnya dari  kelompok penolong (rescue group)
Kelompok-kelompok rescue dari berbagai negara mengiklankan hewan-hewan peliharaan untuk diadopsikan. Anak anjing, ras murni, anjing hasil kawin silang dan anjing non ras ada di sana untuk diselamatkan. Kelompok rescue yang baik akan mampu membantu Anda untuk memilih anjing yang tepat sesuai dengan  gaya hidup Anda.

5. Berikan donasi
Kelompok rescue group tak memiliki uang seperti yang dimiliki oleh pemain di industri hewan peliharaan. Bantulah mereka dengan memberikan barang-barang lama, waktu atau uang Anda.

6. Pastikan Anda takkan pernah membeli anjing
Jika untuk mendapatkan anak anjing, anda hanya ditanya: “Apakah tagihan kartu kredit Anda sudah melewati batasnya?”, itu tanda yang bagus bahwa breeder tak mendahulukan kepentingan anak anjing itu—atau bahkan kepentingan Anda. Anda mungkin merasa telah menyelamatkan anak anjing di toko hewan peliharaan, namun kenyataannya Anda menyengsarakan induknya, anjing di puppy mill, untuk menjalani hidup yang menyedihkan.

Pet Shop – Dapatkan Faktanya

Kenapa Anda tak harus membeli hewan peliharaan Anda dari pet shop yang menjual hewan peliharaan?
Pet Shop adalah ujung tombak jaringan distribusi peternak anak anjing untuk menjual anak-anak anjing mereka kepada publik. Membeli hewan peliharaan di pet shop berarti Anda mendukung orang-orang yang membiakkan anjing untuk meraih laba.

Penting sekali untuk dapat memilih anjing yang tepat sesuai gaya hidup Anda, sementara staff di pet shop mungkin tak tahu asal usul anak anjing yang mereka jual. Pengantaran anak anjing mungkin tiba setiap minggu dan dilengkapi hanya dengan info tentang usia dan ras mereka.

Bila Anda pikir pet shop di daerah Anda adalah toko yang baik, coba pikir lagi. Ini beberapa alasan yang mereka gunakan untuk meyakinkan Anda bahwa mereka tak menjual hewan peliharaan dari puppy mill.

1. “Anak-anak anjing kami hanya berasal dari breeder, bukan pabrik anak anjing.”
Siapa pun yang memiliki dua anjing bisa menyebut diri mereka sendiri sebagai breeder, jadi, jangan beranggapan ini berarti hewan peliharaan mereka tak berasal dari puppy mill.

Mintalah dokumen dan cari tahu lokasi breeder-nya. Bila mereka tak memberikannya, tak mungkin kita mengetahui apakah breeder tersebut berada di luar kota, membiakkan anjing lalu mengirimkan hewan peliharaan tersebut untuk pet shop.

Bila Anda bisa melakukannya, bawa dokumennya dan cari tahu latar belakang breeder tersebut. Sering kali informasi mengenai breeder yang meragukan bisa ditemukan di internet.

2. “Kami hanya bekerja sama dengan breeder yang memiliki reputasi dan kami kenal.”
Breeder yang memiliki reputasi takkan menjualnya ke toko binatang. Breeder yang memiliki reputasi takkan pernah mempertimbangkan untuk menjual anak anjing mereka kepada orang yang tak mereka periksa sebelumnya karena mereka ingin menemui orang yang akan mengadopsi anak anjing mereka dan memastikan bahwa mereka adalah orang yang tepat. Bila mereka menjual hewan peliharaan mereka ke toko binatang, maka mereka hanya ingin mendapatkan uang dan tak peduli dengan kesejahteraan jangka panjang dari hewan-hewan mereka.

Tanyakan, apakah toko binatang itu pernah mengunjungi kandang si breeder? Sering kali satu-satunya kontak antara breeder “yang sudah dikenal” ini hanyalah “produk” yang dikirimkan tepat waktu dan bisa diandalkan selama beberapa tahun.

"suasana" di backyard breeder... kandang-kandang ditumpuk untuk efisiensi tempat :( Lokasi: Graha Raya, Bintaro credit: JAAN

3. “Kami hanya menjual anak anjing dari kehamilan yang tak diinginkan.”
Beberapa toko membantu puppy mill skala kecil (dikenal sebagai backyard breeder) dengan menjual anjing mereka. Sementara konsep “kehamilan tak diinginkan” terdengar agak sopan, anak-anak anjing ini sering kali berasal dari orangtua yang dimiliki hanya untuk beranak oleh orang-orang yang tak memiliki kualifikasi dalam nutrisi, genetika atau perkembangan anjing. Karena perawatan dokter hewan mengurangi laba, sudah lazim bagi anjing-anjing ini untuk menerima sedikit atau tanpa perawatan dokter hewan dan sebaiknya menjalani pemeriksaan penyakit keturunan.

4. “Kami menjual labradoodle ras murni dengan dokumen.”
Puglier, Spoodle, multipoo dan lain sebagainya, atau biasanya mereka disebut anjing hasil kawin silang adalah anjing yang berasal dari perkawinan dua ras dan dengan demikian mereka tak pernah berasal dari breeder yang terdaftar.

Breeder yang “terdaftar” mungkin hanya berarti mereka mendaftarkan anjing-anjing mereka di dewan kota atau “terdaftar” di organisasi yang tidak jelas dan dibuat hanya untuk membantu para peternak anjing ini mengelabui publik.

Membeli Anjing di Internet – Dapatkan Faktanya

Kenapa membeli anjing di internet mendukung puppy mill?

Anda pernah melihat anak anjing di internet dan berbincang dengan penjualnya melalui e-mail. Anda pernah melihat fotonya dan semuanya terlihat baik-baik saja, namun bagaimana Anda tahu bila breeder ini sah?

Hentikan! Internet dipenuhi dengan peternak anjing yan menjual “produk” mereka dengan harga yang mahal. Dengan melewati toko binatang dan bersembunyi di balik nama samaran, mereka menghindari regulasi dan meningkatkan laba mereka.

Bila Anda tak bertemu dengan breeder secara langsung di tempat mereka, Anda akan mendapatkan sedikit informasi bila hewan peliharaan Anda memiliki masalah genetika, datang dalam keadaan sakit atau bahkan memiliki ras yang berbeda dari ras yang dijanjikan.

Beberapa tanda-tanda yang harus dicurigai adalah:

1. Breeder menjual beberapa ras yang berbeda
Breeder yang memiliki reputasi hanya terspesialisasi dan menjadi ahli di satu atau dua ras. Bila seseorang yang Anda hubungi menghasilkan beberapa jenis anjing yang berbeda atau banyak anjing hasil kawin campur, maka kemungkinan besar Anda berhubungan dengan peternak anjing.

Pemeriksaan yang bagus adalah memasukkan alamat mereka ke mesin pencari google dan melihat apa yang muncul. Alamat itu mungkin menjadi bagian dari beberapa hewan peliharaan yang pernah dijual sebelumnya.

Banyak jenis anjing yang bisa ditemui di backyard breeder dan semua dalam keadaan menyedihkan - kurus, tak ada semangat, dan sakit :( Lokasi: Graha Raya, Bintaro credit: JAAN

2. Breeder menghasilkan ras campuran atau anjing hasil kawin silang
Mereka akan mengatakan kepada Anda anjing campuran ini menderita hipoalergi dan kawin campur adalah yang terbaik bagi kedua ras, namun anjing hasil kawin silang pada dasarnya adalah anjing non ras. Jangan tertipu untuk membayar mahal untuk anjing jenis ini.

Tempat penampungan atau shelter adalah tempat yang tepat untuk mencari hewan hasil kawin silang.

3. Breeder yang tak melakukan apa-apa kecuali menghasilkan anak anjing
Breeder yang baik terlibat dalam acara pameran hewan dan klub breeder di daerah Anda. Menghasilkan anak anjing adalah “proyek sampingan” bagi mereka sebagai pecinta anjing yang aktif.

Walau mungkin ini terlihat seperti pemikiran yang bagus untuk berhubungan dengan “spesialis breeder,” proses kelahiran hanyalah satu bagian kecil dalam hidup seekor anjing. Anjing Anda harus sehat, aktif, cerdas dan baik dengan orang serta orang asing. Ia harus fleksibel, santai, seimbang dan ramah. Ia harus bisa beradaptasi dan mampu bergaul dengan keluarga, serta bisa dibawa berjalan-jalan di masyarakat.

Seseorang yang hidup bersama anjing dan menunjukkan semua sifat ini ke dalam anjing mereka sendiri kemungkinan besar akan menghasilkan anak-anak anjing yang hebat. Sementara, seseorang yang pintar memasukkan anjing ke dalam kandang dan menernakkan mereka bukanlah orang  yang tepat untuk menghasilkan hewan peliharaan Anda selanjutnya.

Mintalah referensi dan periksalah mereka. Tanyakan dokter hewan mereka seberapa sering mereka menghasilkan anak anjing. Hubungi anggota klub breeder mereka dan tanyakan seberapa sering mereka mengikuti lomba. Bila mereka memamerkan anjing mereka, lihatlah hasil mereka (memamerkan lebih dari sekadar “kecantikan”—ini juga menampilkan minat mereka terhadap kesehatan dan perawatan anjing.)

shih tzu dalam keadaan parah di backyard breeder... tidak segera diobati karena pengobatannya mahal :( Lokasi: Graha Raya, Bintaro credit: JAAN

4. Breeder yang tak terlihat seperti yang terlihat
Mintalah untuk mengunjungi breeder tersebut secara pribadi untuk melihat bagaimana anjing mereka hidup. Temui orangtua anak anjing Anda. Mereka seharusnya senang dan baik dengan pengunjung (karena Anda menginginkan sifat itu di anjing baru Anda!).

Waspadalah! Peternak anak anjing sering memanfaatkan keluarga-keluarga sebagai sasaran penjualan anak anjing mereka. Pastikan orang yang Anda hubungi benar-benar menghasilkan anak anjing dan mereka secara pribadi memiliki orangtuanya.

Peternak anak anjing menggunakan internet untuk menyembunyikan identitas mereka. Jangan pernah meminta mereka mengirimkan anak anjing dari daerah lain dan ingatlah breeder yang baik akan ingin menemui Anda secara langsung dan memeriksa referensi Anda.

Anak anjing dari internet tak sepadan dengan risikonya!

----------------------------

Artikel diterjemahkan bebas dari http://www.wheredopuppiescomefrom.com
oleh Vitri Mayastuti untuk Let's Adopt (Indonesia)
(catatan: tempat dan situasi disesuaikan dengan keadaan di Indonesia)

Thanks to Lina Sofjan for finding the educative website regarding puppy mills.

Suka · · Bagikan
57 orang menyukai ini.
50 dari 84


Mypoodle Mc Wilson hikss.. T.T ku share yah
13 Juli jam 15:21 · Suka

Juli Ani Widjaya share yuk....
24 Juli jam 10:08 · Suka

Ignatius Marcel sedih banget liat nya,,,,,,T.T
24 Juli jam 22:47 · Suka

Ignatius Marcel kasian banget yah liat nya,,,,,pengen nangis T,T kejam bener orang kaya bgitu....semoga di bales nanti di akhirat
24 Juli jam 22:53 · Suka · 1 orang

Patrick Michael Petpet SHARED!!!
26 Juli jam 1:26 · Suka

Upi Palupi graha raya daerah mana? rumahku di graha raya ni...jahat bangetttt
26 Juli jam 12:12 · Suka · 1 orang

Regita Angie ‎:'(
26 Juli jam 14:50 · Suka

Riefa Istamar anjrit, di bintaro!! minta di bom itu tempatnya...
26 Juli jam 15:00 · Suka · 1 orang

Volia Wi shared!!... STOP PUPPY MILLS!!!!!!!!
26 Juli jam 16:08 · Suka · 1 orang

Hayati Ong shared
26 Juli jam 16:21 · Suka

Ronald Michael Dandel shared
26 Juli jam 17:33 · Suka

Shinta Yuni Cuma 1 kata.. "BIADAB"
26 Juli jam 19:12 · Suka · 1 orang

Burn Art speechlesssssssssss.......​.!!!!!!!!
26 Juli jam 20:37 · Suka

Defrotn Andes di selidikin dulu donk...jangan mudah terprovokasi..demi mencari keuntungan sendiri membuat kesaksian palsu..
27 Juli jam 10:03 · Suka

Defrotn Andes bilang sayang anjing tapi semua anjingnya di steril n di kebiri..RT @tuanrumah...
27 Juli jam 10:05 · Suka

Evee Carolin ya menyelidiki juga ga perlu nganggep ga percaya kaan... just to be wise aj deeh...kn perlu waspada dlm brbagai kondisi dan info...
27 Juli jam 13:44 · Suka

Kumala Dewi shared..
27 Juli jam 16:13 · Suka

Defrotn Andes Jangan jadi manusia bodoh yang mudah terprovokasi..harus pintar dalam menyingkapi segala sesuatunya..
27 Juli jam 17:25 · Suka

Endang Arsana IJIN SHARED.
27 Juli jam 18:38 · Suka

Marischa Shasha Audiansyah Defrotn Andes : yang dimaksud bodoh siapa? mohon diperjelas maksud Anda apa memberikan komentar2 sampah disini? apakah Anda salah satu breeder/pemilik petshop yang merasa usahanya terancam akibat notes ini atau Anda memang sengaja ingin men...Lihat Selengkapnya
27 Juli jam 20:21 · Suka · 3 orang

Yumie Chan Shared! Btw, breedernya mungkin perlu coba dikandangin juga..LOL
27 Juli jam 20:51 · Suka · 1 orang

Aiu Evril kasiAN BNGT,,,sialan tu orang!anjing trus"an dsruh branak,knp gak yg jual aja tuh branak trus"an n jual aja anakmu psti untungnya lbih besar!mnding anjingnya di kasi orang aja,dripda tersiksa dgn kndang skecil n tempat yg kyk gudang gt....@...Lihat Selengkapnya
27 Juli jam 21:38 · Suka · 1 orang

Defrotn Andes g ga maen anjing tuch...g maen anjing takut..soalnya banyak yang maen anjing akhirnya sifatnya n kelakuannya jadi sama (transfer spirit)...
27 Juli jam 21:45 · Suka

Marischa Shasha Audiansyah ya iyalah. soalnya lo maen sama psycho dan biasa di sodomi jadi kena transfer spirit menjadi manusia yang enggak jantan, takut sama anjing dan beraninya ngomong pake akun palsu...
28 Juli jam 11:21 · Suka · 2 orang

Edwin Yusman F duh, bro defrotn. anjing bukan mainan, anjing adalah mahluk bernyawa ciptaan Tuhan. kalo anjing dianggap gak penting atau sekadar mainan, brarti melecehkan Tuhan dong... may peace be with you brother...
28 Juli jam 11:33 · Suka · 2 orang

Blinky Bill ‎@Defrotn: Hahahahaha..Dasar bloon..Ga usah sok2x kasian dehh kalo megang anjing aja takutt..Ngotor2x in wall ini ajaa..
28 Juli jam 14:11 · Suka · 1 orang

Kim Jason ya ampun kesian amat nasib tuh anjing..pengen nangis rasanya..kenapa ad org yg TEGA ma JAHAT kaya gitu ya?!!di paksa beranak terus2an dgn kondisi tubuh ngak di urus?ya ampun!!!klo boleh tw dimana letak anjing hasil gambar di atas? apa udh tertera ya?
28 Juli jam 14:47 · Suka

Tjantik Anindya To Defrotn : you created by GOD to be a smart creature not an evil in human body. God bless you (hope so)!
28 Juli jam 22:13 · Suka · 1 orang

Tjantik Anindya Graha raya bintaro, lebih tepatnya bisa ga?? Yang buat buta manusia bukan anjing atau transfer spirit apalah sok tahu orang bilang, tapi UANG! the dogs teach me a lot of lesson's life than other human did in this life. Poor you, Defrotn!
28 Juli jam 22:18 · Suka · 1 orang

Fransisca Meita †ћªЙк'ς banget buat infonya,,,ternyata ngeri bngt Чä ,,,rasanya semua pencinta anjing kudu †ªü jadi Jαπģαπ smp beli puppy ϑĭ tempat2 spt Ǐ†ΰ,, stop puppy mill !!!
30 Juli jam 2:58 · Suka · 1 orang

Vonny Pindah ijin share ya :)
30 Juli jam 17:51 · Suka

Indra Aristocrat Nugroho SHARED!!
31 Juli jam 3:22 · Suka

Azaria Harsono STOP PUPPY MILL ! Mix breeder lebih baik drpd beli di petshop !
31 Juli jam 21:05 · Suka

Sekar Rosa Wisanthy kasian bgt puppy mill nya :'( :'(
03 Agustus jam 16:38 · Suka

Ardi Hartanto BAKARRRR!!!! ORANGNYA!!!!
05 Agustus jam 1:51 · Suka

Angelina Indri Astari Anjing adalah makhluk paling setia dan penyayang di muka bumi ini, berbahagialah manusia yg pernah mengalami kasih sayang tanpa syarat dr seekor anjing dan bisa ketularan sifat2 mereka :)
Saya suka kasihan sama manusia2 yg belum pernah merasakan cinta seekor anjing... So sad and empty...
06 Agustus jam 9:54 · Suka

Yan Sunarya shared
06 Agustus jam 11:03 · Suka

Tulip Shop biadab org yg melakukan itu, lebih rendah dr hewan mereka.keterlaluan
08 Agustus jam 9:31 · Suka

AreeRy PaRwa shared
09 Agustus jam 12:03 · Suka

Irma Wulansari Pattinama STOP PUPPY MILL....berita ini juga aku mau share ke Daniel Suratoni, Desiree Echi Victoria Olivia , Redempta Crysantari, PingPink Pingky Serafien, Susan Aires Paulina, Fransiskus Mark Charles Irna Panjaitan, Aprilia Christanty, Ari Krisyanto
09 Agustus jam 14:45 · Suka

Daniel Suratoni so shallow..stop this and stop eat dogs,moron !! Desiree Echi Victoria Olivia Poppy Muryati
10 Agustus jam 1:37 · Suka

Selfih Thio gilaaa... kasian amit... hikz...T______________T
11 Agustus jam 14:49 · Suka

Erna Dwi Rahayu ‎:((( uhhhhhh..... Nyesekkkkk bgt ngeliatny, moga manusia2 tak berhati itu lekas ∂ï sadarkan o/ Allah n dibukakan hatiny u/ lebih bsa berpikir akan arti kasih sayang sesama makhluk hidup,
18 jam yang lalu · Suka

Wen Wen Mamoch ampun y tega bneeer
3 jam yang lalu · Suka

Fanny Patricia ‎@defront: soal kalimat km itu "soalnya banyak yang maen anjing akhirnya sifatnya n kelakuannya jadi sama (transfer spirit)..." wah itu bagus low!! karena aku banyak maen sm anjing2 kesayanganku ak jadi tertransferi berbagai macam sifat pos...Lihat Selengkapnya
sekitar sejam yang lalu · Suka
Echa Love Cucuth Hikz sedih banget bacanya +_+
beberapa detik yang lalu · Suka

Sumber :

https://www.facebook.com/notes/lets-adopt-indonesia/apakah-puppy-mill-itu/183138498396385